Follow:
budget traveling, Travel tips

Travel Tips: Packing Light Biar Muat di Cabin

packing ligth

Saya dan packing itu punya love and hate relationship~ I hate it, tapi packing loves me so much. Karena tuntutan yang selalu pindah-pindah mau nggak mau menjadikanku si jago packing~ dari TV,  pakaian sampai motor. Dan semua itu suami dan saya kerjakan sendiri, lama-lama buka jasa pindahan kali ya 😀

Tapi untuk packing dengan traveling purpose sebenernya saya itu agak pemalas, dan seringnya nata semalam sebelum berangkat. Seingatku, aku belum pernah terlalu excited sampe nata koper seminggu sebelumnya misalnya.. unfaedah sekali buatku. Tapi karena mungkin semua udah dipikir dan dicatat dengan rapih sebelumnya apa yang mau dibawa makanya nggak terlalu hectic. Apalagi bagi pelupa catatan ini penting, jadi kita bisa cek items sebelum berangkat dan item ketika pulang. Ini penting karena sudah dicatat seperti ini tetep aja ada printilan yang ketinggalan apalagi kalo enggak.

 

checklistSetelah selesai mencatat apa yang dibawa barulah kita menyusun pakaian menurut hari dan urutan penggunaan. Travel organizer ini sangat membantu supaya barnag kita nggak berantakan, harganyapun cukup terjangkau kok. Untuk yang bakal sering digunakan di letakkan di atas. Dan untuk pakaian memang sebagai kaum hawa rasanya pengan sealmari dibawa aja  yak.. But then biasanya saya pilih warna netral kayak putih , hitam, abu,  supaya bisa bongkar pasang dan tetep matching (nggak kelihatan kalo yang dipake sebenernya itu-itu aja) jenisnya outer dan dalaman yang banyak biar bisa ganti-ganti. Biasanya saya packing perhari, jadi kita nggak perlu bongkar semua untuk ambil satu jenis saja. Baju, celana, maupun kerudung yang saya bawa biasanya adalah bahan yang nggak mudah kusut, meskipun saya tetap membawa setrika kecil jika kusutnya terlalu parah (bisa dibeli di olshop). Sepatu yang saya pakai adalah keds yang nyaman untuk berjalan jauh namun saya membawa flats tipis untuk berjaga-jaga misal basah karena hujan. Untuk make up supaya masuk kabin kita bisa membeli botol travel maupun membeli ukuran travel agar isinya tidak melebihi ketentuan. Yang wajib saya bawa biasanya cleansing oil ukuran kecil, facial foam, kapas, sunblock, pressed cream powder, dan lipstik. Jangan lupa obat-obatan juga penting dibawa karena kadang di negara atau daerah lain nggak cocok dengan kita dan tempatkan di wadah tersendiri. Untuk kamera, kabel-kabel charger biasnaya saya tempatkan di pouch sendiri yang selalu saya bawa di tas tenteng bukan di koper. Dan jika ada space kosong di kantong=kantong kper isilah dengan plastik berbagai macam ukuran.

IMG_20180128_180023_776000

 

Kenapa sih musti muat di kabin?

Pertama penerbangan internasional terutama budget airlines seperti AirAsia, Scoot, Jetstar rata-rata hanya memperbolehkan bagasi cabin secara cuma-cuma 5-7kg saja dan harga tambahan bagasinya lumayan mahal ~ sebagai backpacker enthusiast motto kami adalah kalau bisa gratis ngapain beli? Kecuali ketika saya harus pergi diatas 5 hari atau pulang kampung. Kedua pun menggunakan maskapai domestik yang sudah termasuk bagasi, jika memungkinkan saya sih lebih suka yang ringkas biar nggak ada check in baggage karena males nunggu bagasi apalagi jika harus menggunakan transportasi umum lanjutan dan bawa balita. Ketika bagasi yang kita bawa lebih aman jika membawa barnag berharga seperti kamera dan laptop daripada kalau harus check in baggage.

Kalau harus pergi lama

Perjalanan terlama saya baru sekitar 11 hari 10 malam dengan 1 koper ukuran 18 inch berat 20 kg sharing dengan suami. Kami memang waktu itu sengaja nggak bawa baju banyak karena memang akan singgah ke Thailand yang mana jasa laundry cukup banyak dan murah seperti di Indonesia. Waktu itu untuk pakaian kami selama 5 hari bepergian hanya bayar 100baht aja :DMungkin itu juga jadi opsi agar bawaan tidak terlalu banyak bisa memanffaatkan jasa laundry. Jangan lupa untuk membawa cadangan baju di tas cabin agar jika baju kita basah ataupun bagasi terlambat/hilang kita nggak bingung. Well untuk persiapan ke daerah yang berbeda cuaca dan harus membawa winter gear saya belum bisa memberikan info karena belum pernah, insyaAllah soon ya ~ aamiin :*

 

Facebook Comments
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply